URGENSI DAN MANFAAT TAFSIR ALQUR’AN

 

Tafsir termasuk disiplin ilmu islam yang paling mulia dan luas cakupannya. Paling mulia, karena kemulian sebuah ilmu itu berkaitan dengan materi yang dipelajarinya, sedangkan tafsir membahas firman-firman Allah. Dikatakan paling luas cakupannya, karena seorang ahli tafsir membahas berbagai macam disiplin ilmu, dia terkadang membahas akidah, fikih, dan akhlak. Di samping itu, tidak mungkin seseorang dapat memetik pelajaran dari ayat-ayatAl-Qur’an, kecuali dengan mengetahui makna-maknanya

Oleh karena itu, kita sebagai seorang muslim harus berusaha mengetahui tafsir Al-Qur’an agar mampu mengambil manfaat darinya dan mampu mengikuti jejak salafus shalih. Maka dari itu urgensi dan mafaat tafsir Al quran sebagai berikut :

Pertama, dengan mempelajari kaidah-kaidah tafsir, dapat membantu seseorang menarik makna-makna yang dikandung oleh kosa kata dan rangkaian lafaz atau kalimat-kalimat al-Qur’an.

Kedua, dengan menguasai kaidah tafsir, kita bisa memperkaya pemahaman dan lebih memperluas wawasan. Sehingga seseorang dapat memahami dan menoleransi pendapat-pendapat lain selama sejalan dengan kaidah-kaidah yang ada.

Ketiga, mempelajari kaidah tafsir dapat menemukan makna-makna yang tidak secara lahiriah dikandung oleh kosakata/kalimat al-Qur’an. Sehingga dapat mengantarnya mengungkap rahasia dan menjelaskan ke-musykilan yang boleh jadi timbul dari ungkapan-ungkapan al-Qur’an.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI AQIDAH AKHLAK KELAS 1 DINIYYAH

sistem pendidikan dimesir

homonim, homofon, homograf, polisemi, peyorasi, ameliorasi, sinestesia