Urgensi Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

 

Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan manusia karena bahasa merupakan alat komunikasi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan bahasa, seorang dapat menyampaikan ide, pikiran, perasaan kepada orang lain, baik secara lisan maupun tulisan. Dengan bahasa juga manusia bisa terhubung dengan manusia lainnya di berbagai penjuru dunia, dalam arti bahasa itu sebagai alat komunikasi untuk saling mengenal antar satu dengan lainnya. Begitu juga dengan bahasa Indonesia, bahasa indonesia menjadi bahasa nasional karena indonesia merupakan salah satu negara yang mepunyai beragam budaya dan didalamnya terdapat banyak bahasa daerah. Setiap daerah mempunyai bahasa daerahnya masing-masing sebagai alat komunikasi antar warga. Untuk mempersatukan seluruh Indonesia maka dibuatlah bahasa resmi yaitu bahasa Indonesia.

Bahasa mempermudah kegiatan berkomunikasi dan mempermudah segala Kegiatan. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Komunikasi adalah suatu  kegiatan yang dilakukan baik melalui lisan maupun tulisan dengan tujuan untuk memahami maksud dari informasi yang disampaikan orang lain. pentingnya bahasa Indonesia dalam perguruan tinggi Khususnya PJJ untuk mempermudah Pemahaman mengenai penggunana bahasa Indonesia yang bagus dan memiliki banyak manfaat dalam bidang pendidikan. Dalam kegiatan perkuliahan  bahasa digunakan untuk membuat karya ilmiah, proposal penelitian, makalah, dan bagian pentingnya bahasa Indonesia ini sebagai alat berkomunikasi antar peserta didik dan guru. Dengan meragamkan bahasa maka ilmu yang diterima dan diajarkan akan mudah dimengerti dan mudah diserap oleh mahasiswa dan bagi pengajar akan memudahkan penyampaian materi.

Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan penting yang tercantum pada isi sumpah pemuda ketiga yaitu putra-putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa indonesia dan dalam pasal khusus undang-undang 1945 Bab XV Pasal 36, yang menyatakan bahasa negara adalah bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia dikembangkan dari bahasa melayu. Faktor yang menyebabkan bahas melayu diserap menjadi bahasa indonesia (Puspita Sari, Inda 2015):

Bahasa Indonesia yang mempersatukan bangsa. Bahasa Indonesia menyatukan berbagai perbedaan di Indonesia. Indonesia adalah negera kepulauan memiliki pulau yang tersebar melintang dari pulau dari sabang hingga merauke,setiap mempunyai kebudayaan dan ke khasan masing-masing. Salah satu fungsi Bahasa Indonesia menyatukan segala keunikan dan kebudayaan tersebut menjadi satu tanpa adanya perbedaan. Bahasa Indonesia sebagai penghubung antar masyarakat daerah. Indonesia memiliki sekitar kurang lebih 726  bahasa daerah yang memiliki ciri khas masing-masing . Setiap pulau di Indonesia memiliki cara komunikasi daerah tersendiri yang dituturkan kepada ruang lingkup daerahnya. Misal daerah Jawa Barat yang menggunakan bahasa sunda dalam kegiatan sehari-hari. Tapi tidak semua daerah yang ada di Jawa Barat menggunakan bahasa Sunda ada beberapa daerah yang menggunakan bahsa jawa salah satunya Indramayu yang menggunakan bahasa jawa Cirebonan, bahasa jawa Cirebonan ini meiliki logat dan aksen sunda tapi bahasanya menggunakan jawa ngapak.

Bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa. Identitas adalah jati diri. Bahasa Indonesia menjadi identitas jika bangsa Indonesia, Bahasa Indonesia menjadi identitas agar mudah dikenali oleh negara lain. Dengan adanya bahasa Indonesia yang khas dapat menumbuhkan rasa penasaran terhadap negara lain untuk mempelajarinya lebih dalam. Bahasa Indonesia sudah dikenal luas oleh berbagai negara dan dijadikan sebagai pembelajaran seperti Vietnam, Jepang, Ukraina, dan Korea Selatan.

Dalam lingkup pendidikan mahasiswa memiliki peran untuk menggunakan bahasa Indonesia yang tepat dan mengajak warga lain untuk menerapkannya. Bahasa indonesia memiliki banyak maanfaat untuk mahasiswa salah satunya dalam penulisan artikel ilmiah, makalah, ataupun proposal. Kaidah penulisan yang digunakan haruslah sesuai dan tidak menyimpang dari PUEBI. Mahasiswa sebagai penerus bangsa dan tonggak masa depan bangsa  memiliki peran untuk menyebarluaskan bahasa Indonesia yang tepat kemudian melestarikannya, zaman sekarang banyak orang tua-orang tua muda yang lebih tertarik menggunakan bahsa sehari-hari dirumah menggunakan bahsa asing karena bahsa asing lebih dianggap lebih keren dibandingkan bahsa indonesia yang notabene adalah banhas nasional yang wajib bagi rakyat Indonesia. Bahkan tidak sedikit anak-anak kecil tidak fasih dalam menggunakan bahsa Indonesia padahal dia hidup di indonesia. Ini yang harus diperhatikan dan tindak lanjuti. Bisa kita lihat fenomena sekarang menjamurnya tempat kursus  bahasa-bahasa asing mereka berbondong-bondong memasukan anaknya ke lembaga tersebut.

Pentingnya Bahasa Indonesia Bagi Perguruan Tinggi yaitu Bahasa Indonesia memiliki arti penting tak terkecuali untuk perguruan tinggi. Salah satu tujuan diajarkannya bahasa Indonesia di lingkungan pendidikan ialah untuk membuat rasa bangga akan tanah air ketika menggunakan bahasa Indonesia. Perguruan tinggi sebagai tempat mahsiswa  mencari ilmu dan meningkatkan pengetahuannya sebagai wadah untuk menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai kaidah dalam pembuatan artikel ilmiah ataupun proposal. Adanya mata kuliah bahasa tentu memiliki alasan. Mata kuliah ini dimaksudkan untuk menjadikan mahsiswa berbakat dan memanfaatkan bahasa Indonesia secara tepat, efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Selain untuk membuat suatu karya ilmiah bahasa Indonesia juga mempermudah mahasiswa untuk berkomunikasi dengan mahasiswa lainnya karena mahasiswa berasal dari berbagai wilayah penjuru Indonesia dengan beragam bahasa.

Bahasa Indonesia merupakan identitas bangsa, menjadi tolak ukur penggunaan bahasa. Bahasa Indonesia sebagai komunikasi membantu warga Indonesia untuk mengert informasi yang disampaikan oleh lawan bicaranya. Penerapan bahasa Indonesia menjadi mata kuliah wajib di perguruan tinggi salah satunya untuk menumbuhkan rasa bangga kita sebagai bangsa indonesia karena memiliki bahasa persatauan yang membawahi banyak sekali bahasa daerah yang tersebar diseluruh penjuru indonesia. Bahsa indonesia tidak harus dilupakan tetapi harus di lestarikan. Kita sebagai mahasiswa wajib melestarikan dan mengenalkan bahasa indonesia ke penjuru dunia, masa depan bangsa khususnya bahasa indonesia adalah tanggung jawab kita sebagai penerus bangsa.

Gunakan bahasa dengan baik dan benar, sesuaikan dengan keadaaan, dimana, dan dengan siapa kita berbicara. Jika dengan orang tua gunakan bahasa yang sopan tapi jika dengan sebaya boleh menggunakan bahasa yang sedikit santai dan gaul. Ketika membuat karya ilmiah gunakan bahsa yang sesuai kaidah.

Dengan ini diharapkan rasa cinta akan bahasa Indonesia semakin meningkat karena dengan menerapkan bahasa dengan baik maka kita telah mempersatukan bangsa tanpa ada kesenjangan dalam komunikasi. Bahasa indonesia adalah identitas, dan juga ciri khas bangsa yang harus dilestarikan dan dibawa hingga ke generasi selanjutnya.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI AQIDAH AKHLAK KELAS 1 DINIYYAH

sistem pendidikan dimesir

homonim, homofon, homograf, polisemi, peyorasi, ameliorasi, sinestesia