PENTINGNYA MATAKULIAH PANCASILA PADA PERGURUAN TINGGI

 

   Pentingnya matakuliah pancasila karena Mahasiswa adalah generasi muda. Generasi muda adalah penerus perjuangan dan tulang punggung bangsa indonesia. Karena itu sangatlah penting sekali bila dalam diri setiap mahasiswa ditanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Nilai-nilai yang dimaksud adalah ketuhanaan, kemanusiaan, persatuaan, kerakyataan, dan keadilan.Pendidikan Pancasila penting bagi mahasiswa. Sebab, generasi muda zaman sekarang harus ditata sedemikian rupa agar karakternya dapat dibentuk, dibina dan dibimbing.

Dengan mengadakan pembelajaran Pancasila, setiap diri seorang mahasiswa bisa mengetahui mana yang salah dan harus dihindari dan mana yang benar dan harus dipatuhi dan dikembangkan. Selain itu untuk menanamkan jiwa nasionalisme yang semakin menipis, banyaknya paham-paham radikalisme seakan ingin menghilangkan pancasila. Paham paham ini banyak menyasar golongan muda, dengan adanya matakuliah pancasila bisa sedikit membantu menghalau paham radikal tersebut.

Untuk memperkuat pancasila sebagai dasar Negara, agar mahasiswa bisa mengembangkan karakter sesuai pancasila misalnya dalam pemikiran dan tindakan, mempersiapkan mahasiswa agar mampu mencari solusi permasalahan yang terjadi pada masyarakat, Membentuk sikap mental mahasiswa yang mampu mengapresiasi nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kecintaan pada tanah air dan kesatuan bangsa, serta penguatan masyarakat madani yang demokratis, berkeadilan, dan bermartabat berlandaskan Pancasila

 karena Pancasila memiliki beberapa kedudukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Kedudukan itu seperti Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia, Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia, Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa .

pancasila adalah pilar ideologis yang dimaksud ialah bagaimana kita paham dengan pancasila, paham dengan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, paham dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan paham terhadap Bhinneka Tunggal Ika, empat pilar ini adalah satu kesatuan dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan bersatu,"

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI AQIDAH AKHLAK KELAS 1 DINIYYAH

sistem pendidikan dimesir

homonim, homofon, homograf, polisemi, peyorasi, ameliorasi, sinestesia