PENGERTIAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM

 

1.    Asy-Syaibany (1979)

Pengertian pendidikan islam adalah suatu bentuk proses belajar yang pada intinya mampu mengerak atau mengubah tingkah laku setiap individu, masyarakat, dan alam yang ada sekitarnya, dengan metode pengajaran sebagai aktivitas asasi dan juga dipergunakan sebagai profesi di antara profesi asasi dalam kehidupan masyarakat

 

2.    Abudinnata

Menurutnya, definisi pendidikan Islam adalah suatu bentuk bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh tenaga pendidik, sehingga mengajarkan pengatahuan yang sehat, baik jasmani dan rohani sesuai dengan ajaran dalam Islam.

 

Pendidikan Islam dapat dipahami sebagai proses yang dilakukan oleh manusia membimbing proses pertumbuhan jasmani dan rohani. Hal tersebut dilaksanakan dengan membimbing keseimbangan pertumbuhan pribadi manusia tersebut melalui latihan-latihan kejiwaan, akal, pikiran, kecerdasan serta panca indra. Hal tersebut dilaksanakan untuk mengubah tingkah laku individu dalam kehidupannya bermasyarakat. Perubahan dan proses pendidikan tersebut berdasarkan nilai-nilai dan ukuran-ukuran dalam ajaran Islam. Menurut Abuddin Nata, pendidikan dalam konteks Islam dan dalam bahasa al-Qur’an, mempunyai beberapa istilah, yaitu al-Ta’lim, al-Tarbiyah, al-Ta’dib, al-Tazkiyah, al-Tadris, al-Tafaqquh, al-Ta’aqqul, al-Tadabbur, al-Tazkirah, dan al-Mauizah.

 

3.    Zuhairini

Dalam buku Filsafat Pendidikan Islam mengartikan jika pendidikan Islam adalah suatu bentuk kewajibkan kepada umatnya, baik laki-laki atau perempuan agar memperoleh bekal tentang kehidupan yang baik dan terarah sesuai ajaran dalam Islam.

Menurut Zuhairini pendidikan agama Islam adalah suatu usaha untuk membimbing untuk meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran islam melalui kegiatan, bimbingan, pengajaran dan latihan dengan memperhatikan pembentukan kepribadian secara sistematis dan pragmatis, sehingga sesuai dengan ajaran Islam (Zuhairini, 2004)

Mata pelajaran agama Islam adalah mata pelajaran yang dipelajari dari jenjang taman kanak-kanak smapai perguruan tinggi. Pendidikan agama Islam merupakan upaya untuk mengenal, memahami, menghayati, mengamati ajaran agama Islam yang berjalan selaras dengan tuntutan untuk menghormati penganut agama lain guna kerukunan antar umat beragama. Syariat Islam tidak akan dihayati dan diamalkan jika hanya diajarkan saja, namun juga harus dibarengi dengan proses pendidikan. Pendidikan lebih banyak ditujukan pada perbaikan sikap mental, pendidikan Islam juga tidak hanya bersifat teoritis namun juga praktis, sehingga pendidikan agama Islam sekaligus menjadi pendidikan iman dan amal karena berisi ajaran Islam terkait sikap dan tingkah laku manusia dan menuju kesejahteraan hidup

 

 

 

 

 

 

Pendidikan sebagai lembaga yang sangat strategis dan potensial dalam menumbuh-kembangkan dan menghidup-suburkan perilaku moral, yang sudah semestinya diarahkan pada pembangunan humanitas. Adapun tujuan pendidikan dalam Islam adalah terbentuknya anak didik menjadi hamba Allah yang berkepribadian muttaqin, bertanggung jawab dan mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat

 

Dari penjelasan dan pengertian pendidikan islam  oleh para Ahli dapatlah disimpulkan jika pendidikan Islam adalah serangkaian  bimbingan yang dilakukan tenaga pendidik sebagai kewajiban membina rohani dan jasmani yang sesuai dengan seluruh ajaran dalam Agama Islam. Oleh karena itulah pendidikan Islam merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk diajarkan dan dipelajari oleh setiap muslim semenjak dini sampai akhir usia. Pendidikan dalam Islam tidak dibatasi dengan usia, waktu dan tempat. Hal ini dilatarbelakangi kedudukan Al-Qur’an sebagai kalamullah (perkataan Allah Ta‟ala) yang mengandung aturan-aturan hidup, petunjuk bagi manusia, sehingga memperoleh kehidupan yang bahagia di dunia dan di akhirat.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI AQIDAH AKHLAK KELAS 1 DINIYYAH

sistem pendidikan dimesir

homonim, homofon, homograf, polisemi, peyorasi, ameliorasi, sinestesia