KLASIFIKASI PERBEDAAN ARTIKEL ILMIYAH DAN ARTIKEL POPULER

 

Arikel ilmiah

Perbedaan

 

Artikel populer

 

Pembuatan  judul Cenderung formal, dan harus menggunakan kalimat baku sesuai PUEBI dan KBBI

Judul

Pembuatan judul boleh menggunakan kalimat populer. Tidak ada ketentuan atau standar tertentu. Judul harus dibuat menarik agar membuat penasaran pembaca. Boleh menggunakan kalimat tidak baku.

Secara sistematika, penulisan Artikel ilmiah memiliki aturan atau standar baku dan harus sesuai dengan kaidah kebahasaan PUEBI. Tidak boleh menggunakan sistematika yang berbeda dengan ketentuan baku. Jumlah bab, urutan penulisan, metode pembahasan, semua ada ketentuan yang harus dipenuhi.

Sistematika penulisan

Sistematika penulisan tidak ada ketentuan baku. Yang penting logis, sistematis dan mudah dipahami. penulis bebas berekspresi dengan sistematika yang disukainya.

 

Menggunakan bahasa baku yang sesuai dengan kaidah PUEBI dan KBBI

Bahasa penulisan

Menggunakan bahasa populer yang umum ada di tengah masyarakat sesuai segmen pembaca. Penulis bebas menggunakan bahasa sesuai keinginannya, dan tidak terikat dengan kaidah penulisan baku. Ini memudahkan penulis mengekspresikan ide dan pemikirannya

Menggunakan istilah teknis dalam bidang keilmuan masing-masing. Istilah-istilah teknis seperti ini cenderung tidak dimengerti oleh masyarakat umum. Hanya dimengerti oleh mereka yang berada dalam disiplin ilmu yang sama

Pemilihan istilah

Menggunakan istilah populer yang sudah umum dan dipahami masyarakat luas.

Ditulis untuk memenuhi tugas akhir kuliah di universitas, membuat laporan praktikum / penelitian, memenuhi persyaratan kenaikan pangkat / jabatan pada Aparat Sipil Negara (ASN), menulis untuk jurnal akademik, dan lain sebagainya.

Tujuan Penulisan

Ditulis untuk memberikan informasi, motivasi, inspirasi, edukasi, atau hiburan kepada masyarakat luas. Penulis sudah menetapkan segmen pembaca yang akan dituju, dan perubahan yang diharapkan terjadi pada pembaca melalui tulisannya.

Pembahasan dan Analisa  dengan metodologi ilmiah tertentu yang baku. Cara pembahasan, cara menganalisa, cara mengambil kesimpulan, hingga cara penyajian dalam tulisan, semua ada aturan baku yang harus diikuti.

Pembahasan dan analisis

Pembahasan dan analisis dilakukan secara populer. Bisa merujuk kepada kepustakaan dan cara analisa tertentu, namun disampaikan dengan gaya populer yang mudah dipahami masyarakat luas.

Hasil penelitian yang dibahas, dianalisa Menggunakan metodologi yang jelas, dan disimpulkan.

Isi tujuan

Tulisan bisa berupa apa saja. isa pemikiran atau pendapat pribadi, analisa pribadi, pengalaman, perasaan, refleksi, atau berbagai hal yang diangkat dari kehidupan sehari-hari. Tidak harus berbasis penelitian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI AQIDAH AKHLAK KELAS 1 DINIYYAH

sistem pendidikan dimesir

homonim, homofon, homograf, polisemi, peyorasi, ameliorasi, sinestesia