KARAKTERISTIK KARYA ILMIYAH

 Karakteristik pembuatan karya ilmiyah yaitu salah satunya Tulisan yang dibuat harus mengacu pada teori. 

Teori dibutuhkan sebagai landasan berfikir dalam pembahasan suatu masalah. lugas,artinya tidak emosional, tidak kritis, dan tidak menimbulkan Interprestasi lain. 

Kemudian juga harus logis, artinya mengacu pada pembahasan yang rasional dengan urutan yang konsisten. Tulisan tidak memuat hal-hal yang janggal atau tidak bisa dibuktikan kebenarannya.

Efisien, artinya mempergunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami.

Efektif, artinya tulisan-tulisan yang dibuat harus padat dan ringkas. Tidak memasukkan opini-opini yang tidak penting.

Objektif, artinya berdasarkan pada fakta, dalam hal ini kerangka karya tulis ilmiah bersifat konkrit dan benar adanya, tidak mengada-ada. 

Sistematis, artinya baik penulisan dan pembahasan harus sesuai dengan prosedur dan sistem yang berlaku.

ketentuan ketentuan bahasa dalam penulisan karya ilmiah antara lain :

1)      Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia baku sebagaimana termuat dalam pedoman umum ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan (EYD)

2)      Struktur kalimat yang dibuat lengkap, dalam arti ada subjek ,predikat ,objek atau keterangan. Kalimat juga tidak boleh disingkat singkat

3)      1 alinea terdiri dari minimal dua kalimat ,yakni kalimat inti dan kalimat penjelas .Tidak boleh ada satu paragraf yang hanya terdiri atas satu kalimat meskipun panjang.

4)      Istilah yang digunakan adalah istilah Indonesia atau yang sudah di Indonesiakan. Jika ada istilah asing maka harus dilengkapi terjemahan.

5)      Istilah asing boleh digunakan jika memang belum ada padanannya dalam bahasa Indonesia atau bila dirasa perlu sekali (sebagai penjelas atau konfirmasi istilah diletakkan dalam kurung) dan diketik dengan menggunakan huruf miring.

6)      Kutipan dalam bahasa asing diperkenankan namun harus diterjemahkan atau di jelaskan maksudnya dan ditulis dengan huruf miring.

Berikut sistematika karya ilmiah secara keseluruhan:

            1. Bagian awal, terdiri atas halaman judul, halaman abstrak, daftar isi, dan kata pengantar.

            2. Bagian isi pelaporan, terdiri atas beberapa bab. Yakni:

Ø Pendahuluan : Bab ini berisi tentang latar belakang masalah yang menjelaskan 'apa dan bagaimana' permasalahan penelitian, identifikasi masalah dan pembatasan masalah yang diteliti, perumusan masalah, serta tujuan dan manfaat penelitiian tersebut.Tinjauan Pustaka atau Kajian/Kerangka Teori Bab ini berisi uraian mengenai variabel yang diteliti, hubungan antarvariabel penelitian, hasil penelitian yang relevan, kerangka, dan perumusan hipotesis (apabila penelitian itu mengunakan hipotesis).

Ø Metode Penelitian (kulaitatif atau kuantitatif)

Ø Pembahasan dan Hasil Penelitian

Ø Kesimpulan dan Saran

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI AQIDAH AKHLAK KELAS 1 DINIYYAH

sistem pendidikan dimesir

homonim, homofon, homograf, polisemi, peyorasi, ameliorasi, sinestesia