HUBUNGAN PANCASILA DENGAN UNDANG-UNDANG 1945 DAN NORMA

Hubungan Pancasila dan UUD 1945 Hubungan antara Pancasila dan UUD 1945 terbagi menjadi dua konteks. Dua konteks itu adalah hubungan formal dan hubungan material. Dua konteks itu adalah hubungan formal dan hubungan material.  

Hubungan formal antara Pancasila dengan UUD 1945 ditinjau dalam sudut pandang konstitusional atau peraturan yang berlaku, antara lain sebagai berikut:

ü  Pancasila adalah kaidah dasar bagi negara.

ü  Pancasila merupakan inti pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan menjadikan UUD sebagai sumber hukum tertinggi serta menjadikan Pancasila sebagai landasan tata tertib hukum bangsa Indonesia.

 Hubungan Material

Hubungan material antara Pancasila dan UUD 1945 adalah semua bagian-bagian (material) dari UUD 1945 harus selaras dan tidak bertentangan dengan Pancasila. Hubungan material ini meliputi Pancasila sebagai landasan atau sumber hukum yang tertuang secara lengkap di aturan Undang-Undang Dasar 1945.

 Hubungan Pancasila dengan Norma Di Indonesia, norma tentu berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu nilai keketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan sosial

Norma Ketuhanan adalah  Kewajiban untuk senantiasa menjalankan ibadah sesuai keyakinan dan agama masing-masing

Norma Kemanusian, Sebagai makhluk sosial, hendaknya kita selalu membantu sesama dan menghindari sikap individualitas serta semena-mena.

Misalnya saja sikap santun dan peduli terhadap teman atau tetangga.

Norma persatuan Indonesia merupakan negara majemuk, memiliki banyak sekali budaya, seperti adat istiadat, kepercayaan, bahasa daerah, dan lain-lain.Satu kunci untuk terus menjaga keutuhan dan persatuan adalah dengan menjalankan norma persatuan. Hindari sikap diskriminatif, kekerasan fisik maupun verbal, dan sikap memecah belah bangsa. 

Norma Kerakyatan Contohnya seperti norma untuk mementingkan kepentingan umum, seperti gotong royong dan bekerja sama. Dan selalu elakukan musyawarah/ berdiskusi ketika mengambil keputusan

Norma keadilan sosial Menjalankan dikap adil dalam semua aspek kehiduppan  adalah salah satu perwujudan dari norma keadilan sosial.

Relevansi pancasila dengan pendidikan masa kini? pendidikan pancasila Masih  sangat relevan saat ini. Ada enam profil pelajar Indonesia pancasila yaitu beriman serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Dengan diajarkan Pancasila di dunia pendidikan, profil pelajar Pancasila dari anak-anak kita kembali menguat dan mampu menjadi pembeda dengan bangsa-bangsa lain. Kita tidak alergi terhadap nilai-nilai baru dari dunia luar. Nilai-nilai itu juga sangat penting untuk kemajuan bangsa kita. Tugas Pancasila hanya menjadi filter untuk menyaring nilai-nilai itu agar sesuai dengan karakter dan budaya bangsa kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI AQIDAH AKHLAK KELAS 1 DINIYYAH

sistem pendidikan dimesir

homonim, homofon, homograf, polisemi, peyorasi, ameliorasi, sinestesia